LET ‘S HEALTHY LIFESTYLE, LET’S MORE ACHIEVEMENT


WHO (World Health Organization) pada tahun 1948 berpendapat bahwa kesehatan adalah sebagai suatu keadaan fisik, mental dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan. Sedangkan menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam musyawarah nasional ulama tahun 1983 berpendapat bahwa kesehatan sebagai ketahanan jasmaniah, ruhaniyah dan sosial yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan tuntutan-Nya dan memelihara serta mengembangkannya. Pendapat lain disebutkan dalam UU No. 23 tahun 1992, kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dari pengertian menurut para ahli yang telah dipaparkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai pengertian kesehatan, jadi kesehatan adalah keadaan manusia bebas penyakit yang menjadi pilar seseorang untuk produktif dalam kehidupannya.
Dari pengertian di atas juga, terlihat bahwa kesehatan sangatlah penting dalam menjalani kehidupan. Kesehatan menjadi pondasi untuk kita semakin produktif dalam hidup. Dalam keadaan bebas penyakit, tubuh kita akan terasa segar dan mempunyai semangat lebih untuk memanfaatkan setiap waktu dan kesempatan untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupannya. Kesehatan menjadi bagian yang sangat penting bagi seluruh manusia tanpa batas usia, pekerjaan dan keadaan ekonomi. Pentingnya kesehatan dalam menjalani hidup dapat kita rasakan saat kita dilanda penyakit, saat itulah kenikmatan sehat sangat kita rindukan.

Pentingnya kesehatan dapat dimaknai dengan pandangan masing-masing, misalnya seorang presiden akan merasakan pentingnya menjaga kesehatan karena beliau memiliki tugas yang sangat besar, yaitu memimpin negara, jika seorang presiden sakit, maka permasalahan negeri akan semakin terbengkalai. Contoh lainnya adalah ketika seorang guru sakit, maka transfer ilmu kepada siswa akan terganggu dan kesehatan bagi siswanya juga sangat penting, karena pada saat seorang siswa jatuh sakit, maka penyerapan ilmu dari guru juga terhambat dan kesempatan untuk berprestasi juga terganggu, padahal prestasi belajar bagi siswa diartikan sebagai hasil pembelajaran yang dinilai berhasil yang menunjukkan ukuran kecakapan seseorang yang dicapai dalam bentuk nilai.
Dalam tulisan ini, saya akan lebih menekankan kepada pentingnya kesehatan bagi pelajar untuk meraih prestasi lebih, mengapa? Karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus siap menanggung beban negara dan membawa bangsanya dalam kejayaan. Bagaimana nasib bangsa Indonesia kelak jika para penerusnya adalah generasi yang lemah dan tidak berprestasi?
Kesehatan bagi pelajar sangatlah penting, karena dalam keadaan sehatlah segala kegiatan yang bermanfaat dapat kita lakukan. Dalam keadaan sehat, pelajar akan lebih semangat dalam menuntut ilmu dan berprestasi di sekolah maupun di luar sekolah. Pada keadaan tubuh yang tidak fit, para pelajar akan tidak konsentrasi dalam belajar, bagi yang senang berkarya lewat tulisan, pada saat sakit, biasanya kurangnya inspirasi atau bahan untuk tulisannya, dan masih banyak pentingnya kesehatan untuk pelajar untuk terus berprestasi dalam bidang apapun, tak hanya berprestasi dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang non akademik.
Menurut dr. Nita Ratna Dewanti, Sp.A., dokter anak di RS. Bintaro Internasional dan RS. Bunda, Jakarta, terdapat 7 macam penyakit khas anak sekolahan, yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD), cacar air, tifoid, campak, diare, flu singapur dan radang tenggorokan. Dan menurut persatuan dokter gigi Indonesia (PDGI) terdapat 90% populasi di Indonesia mengidap penyakit peridontal, yaitu penyakit infeksi yang disebabkan karena jumlah kuman dan bakteri yang melimpah dalam plak dan akan menyebabkan lepasnya gigi dan harus segera diobati. Penyakit-penyakit yang telah disebutkan merupakan penyakit yang perlu penanganan sesegera mungkin agar tidak semakin berbahaya dan lebih mengganggu aktivitas tubuh. Penyakit-penyakit yang telah menjadi langganan dari para pelajar lainnya adalah maag yang disebabkan karena tidak teraturnya jadwal makan, penyakit ini akan sangat mengganggu penderitanya karena rasa sakit yang begitu hebat. Maka dari itu, untuk para pelajar marilah kita selalu menjaga tubuh agar selalu sehat, agar aktivitas kita tidak terganggu oleh penyakit yang bisa menurunkan prestasi kita.
Lalu, bagaimana cara kita sebagai pelajar untuk bisa terus dalam keadaan sehat? Jawabannya adalah membiasakan hidup sehat dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan berikut.
1.  Membiasakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan apapun dengan menggunakan sabun, terlebih saat akan makan, karena telapak tangan merupakan tempat rawan bakteri dan virus menyebar dengan cepat. Selain mencuci telapak tangan, juga perlu diperhatikan bagian kuku yang panjang dan kotor harus segera dipotong dan dibersihkan.
2.  Membiasakan bangun pagi dan berolahraga, karena olahraga merupakan sarana gerak aktif tubuh dan menyekresikan racun dalam tubuh berupa keringat.
3.  Membiasakan sarapan pagi dengan makanan yang bernutrisi, karena sarapan merupakan dasar untuk para pelajar bersemangat saat menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Membiasakan minum air putih secukupnya (2 liter atau 8 gelas per hari).
4.  Membiasakan diri untuk tidak jajan sembarangan, karena pada makanan jajakan atau kemasan belum tentu baik, karena pada kebiasaan jajan sembarangan menjadi sarang dari berbagai macam penyakit seperti typus, diare dan sebagainya.
5.  Membiasakan diri beristirahat sejenak tetapi berkualitas, artinya jika memiliki waktu kosong di siang hari, sempatkanlah untuk beristirahat meski hanya sebentar, akan tertapi waktu istirahat ini harus benar-benar digunakan untuk beristirahat, karena otak dan otot kita akan terasa kaku setelah digunakan beraktivitas sehingga membutuhkan waktu untuk diregangkan.
6.  Membiasakan diri untuk menjadwal penggunaan alat elektronik, karena penggunaan alat elektronik secara terus-menerus tanpa henti akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.
7.  Membiasakan tubuh untuk selalu bersih, seperti mandi minimal 2 kali dalam sehari, serta menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah makan dan sebelum tidur.
8.  Membiasakan diri untuk berpikiran positif dan menghindari stress, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dan dalam jiwa yang kuat terdapat pemikiran yang sehat pula, maka mari selalu berpikiran positif agar tubuh terasa selalu sehat.
9.  Membiasakan diri untuk selalu ingat dan berdoa agar selalu diberi kesehatan kepada Tuhan, karena dari-Nyalah nikmat kesehatan yang kita rasakan.
Dari saran-saran di atas, saya mengajak seluruh para pelajar di Indonesia khususnya untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Mari kita senantiasa pentingnya kesehatan bagi kita dan selalu mengedepankan prinsip berprestasi dalam hidup. Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan menjadi kebanggaan dunia saat generasi mudanya adalah generasi yang berjiwa kuat dan selalu mengukir prestasi.
image

Ingatlah kawan, prestasi bagi kita adalah cerminan keberhasilan dari proses belajar yang kita lalui, dan kesehatan adalah pilar utama dalam mengukir prestasi, tanpa kesehatan, prestasi pun tak akan pernah terukir. Maka dari itu, marilah kita jadikan kesehatan sebagai gaya hidup kita, dan dengan tubuh sehat, marilah kita raih banyak prestasi. Indonesia butuh generasi sehat, kuat dan cerdas, marilah kita menjadi generasi yang didamba bangsa! Salam sehat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s