THE POWER OF KNOWLEDGE


Rahasia di Balik Keagungan Ilmu

Karya : Alin Mardiah

Mendengar kata ilmu, sudah tak asing lagi bukan? Ya, dialah yang sering menjadi terdakwa dan banyak dituntut para cendekiawan dari seluruh penjuru dunia. Ilmu, menurut pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu dibidang pengetahuan itu sendiri. Namun, mengapa ilmu harus dituntut? Seberapa bersalahkah dia? Dan seberapa berdampakkah dia untuk kehidupan?

Ilmu dapat kita gali dan temukan bebas di bumi ini layaknya oksigen yang manusia nikmati untuk kelangsungan hidupnya. Di Indonesia, ilmu merupakan hak setiap warga negara untuk mendapatkannya, sebagaimana tercantum dalam pasal 31 ayat 1 yang menyebutkan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Dari perspektif agama Islam pun ilmu memiliki kedudukan yang sangat penting, dengan bukti bahwa lebih dari 780 kali kata ilmu disebut-sebut dalam Al-Qur’an, salah satunya dalam surat Al-Mujadalah ayat 11, Allah berfirman “Allah meninggikan beberapa derajat orang-orang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmu pengetahuan) dan Allah maha mengertahui apa yang kamu kerjakan”.

Dari kedua pandangan tentang ilmu di atas, maka pertanyaannya adalah apa rahasia di balik keagungan ilmu sehingga dia dipandang penting dan menjadi hak setiap warga negara Indonesia? Oleh karena itu, mari kita bersama-sama kupas tuntas rahasia di balik keagungan ilmu dari berbagai sudut pandang yang saling berkaitan.

Dari sudut pandang agama Islam, rahasia di balik ilmu tersimpan dalam hadis yang menyebutkan bahwa jika ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, maka harus dengan ilmu. Yang kemudian dapat dijelaskan secara nalar, maksud dari hadis tersebut dari sudut pandang kehidupan. Dengan ilmu agamanya, seseorang akan mampu beribadah sesuai syari’atnya, dengan ilmu pengetahuannya, seseorang akan dianggap mampu untuk bersaing serta mampu memecahkan masalah-masalah keilmiahan yang mendatangkan manfaat untuk kehidupan. Dan dengan tingginya ilmu yang dipandang dari sudut tingkat pendidikan, maka seseorang akan mendapatkan posisi yang cukup tinggi dalam pekerjaannya, sehingga memudahkan untuk mendapatkan kesejahteraan di dunia.

Terlepas dari rahasia umum di atas, keagungan ilmu juga mengandung rahasia yang lebih spesifik dalam kehidupan. Salah satunya rahasia keagungan ilmu dalam bidang kimia yang manfaatnya telah kita rasakan di era modern ini. Sadarkah  bukankah sebuah keagungan ilmu, jika pada saat ini kita dapat menikmati segarnya membersihkan badan dengan sabun, shampoo, conditioner, facial wash, pasta gigi, dan lain sebagainya? Rahasia keagungan ilmu selanjutnya, berada pada bahan dapur yang sering dijumpai dalam berbagai masakan, yaitu garam dapur atau dalam kimia dikenal dengan NaCl (Natrium Klorida), pada dasarnya natrium atau Na adalah salah satu bahan untuk membuat peledak dan klorin atau Cl bersifat racun dan biasa digunakan dalam industri pemutih atau desinfektan. Namun  dengan keagungan ilmu,  keduanya dapat disatukan dan menjadi suatu hal yang berguna bagi manusia. Dan rahasia lainnya dari keagungan ilmu kimia adalah ditemukannya dua senyawa baru yang diperkirakan cukup efektif dalam mengobati ketergantungan terhadap alkohol dan nikotin yang menjadi permasalahan terbaru masa kini, dua senyawa yang dimaksudkan adalah CP-601932 dan PF-4575180.

Rahasia di balik ilmu di atas, hanyalah sebagian kecil dari ribuan rahasia lain yang terkadang tak kita sadari. Jadi, pada dasarnya ilmu memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia, hanya saja pada praktiknya dikembalikan pada individu masing-masing, dilaksanakan dengan bertanggung jawab atau tidak.
Dan ingatlah bahwa ilmu tidak sesempit bumi, sedangkal samudera, sekecil elektron ataupun seterbatas jumlah unsur yang tertera dalam sistem periodik. Jadi, janganlah menganggap tak ada lagi ilmu yang bisa dicari dan dipelajari. Mari terus menuntut ilmu yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan jadilah muslim yang bermanfaat bagi umat.  Let’s read, let’s write, let’s learn, and let’s to be an innovator!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s